86453

HARI INI 360
BULAN INI 18151
TAHUN INI 4971

Penerbitan Kartu Ketenagakerjaan (AK I dan AK II)

Publish Jumat, 17 Januari 2025

Dibaca 37 kali

STANDAR PELAYANAN

Layanan Administrasi Umum Lainnya

  1. Penerbitan Kartu Ketenagakerjaan (AK I dan AK II)

 

No.

KOMPONEN

URAIAN

Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)

1.

Persyaratan Pelayanan

1.   Kartu Keluarga

2.   KTP-el

3.   Pas foto berwarna 3x4

4.   Kartu Pencari Kerja lama, apabila melakukan perpanjangan

5.   Dokumen pendukung lainnya, meliputi :

       Ijazah dan SKHUN SD

       Ijazah dan SKHUN SMP

       Ijazah dan SKHUN SMA

       Ijazah dan trasnkrip nilai pendidikan Diploma/ Starata 1/ Magister

       Sertifikat keahlian (bagi yang memiliki)

       Surat keterangan pengalaman kerja (bagi yang memiliki)

 

2.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Pemohon mengajukan permohonan AK1 melalui aplikasi SIPRAJA yang bisa didownload melalui Playstore atau langsung melalui website.

2.   pilih menu Layanan Type

3.   Pilih sub menu permohonan Ak1

4.   Isi permohonan dan upload berkas

5.   Petugas Kecamatan akan memverifikasi permohonan yang masuk

6.   Jika berkas sudah sesuai dan benar maka akan diajukan proses tanda tangan dan jika kurang lengkap akan dikembalikan ke pemohon

7.   Proses Cetak AK1

8.   Pemohon dapat mengambil AK1 di Kecamatan atau cetak mandiri melalui aplikasi Sipraja

 

3.

Jangka Waktu Pelayanan

1 (satu) hari kerja

Apabila berkas lengkap, tidak terkendala IT. Tidak termasuk waktu pengiriman.

 

4.

Biaya/ Tarif

Tidak dipungut biaya (gratis)

 

5.

Produk Pelayanan

Kartu Pencari Kerja (AK-I)

 

6.

Penanganan pengaduan, saran dan masukan/apresiasi

1.   Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada:

Camat Krian

Jl. Gubernur Soenandar Priyo Sudarmo No.1 Krian

2.   Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung melalui :

a. telepon      : (031) 8971010

b. faksimile   : (031) 8971010

c. email         : kec.krian@gmail.com

e. wa            : 0857-3634-9953

f. Instagram   : @kecamatankrian

g. Facebook   : Pelayanan Kecmatan Krian

h. Menyediakan kotak saran

i. kanal pengaduan SP4N-LAPOR

1. website www.lapor.go.id

2. SMS melalui nomor 1708

3. twitter @lapor1708

     4. aplikasi android/iOS : SP4N-LAPOR!

 

PENGELOLAAN PELAYANAN (MANUFACTURING)

1.

Dasar Hukum

1.   Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 91 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas  Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

2.   Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perubahan atas  Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 91 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas  Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

 

2.

Sarana dan Prasarana, dan/ atau Fasilitas

1.   Meja dan kursi

2.   Komputer

3.   Printer Scanner Fotocopy

4.   Jaringan internet

5.   Alat tulis kantor

 

3.

Kompetensi Pelaksana

1.   Pengawai yang mampu mengoperasikan komputer dan teknologi informasi.

2.   Pegawai yang mampu berkomunikasi dengan baik, berkoordinasi, bertanggung jawab, tertib administrasi, santun dan dapat memberikan pelayanan prima.

3.   Disiplin dan tepat waktu pelayanan

 

4.

Pengawasan Internal

1.   Dilakukan oleh atasan langsung

2.   Dilakukan secara berkelanjutan

 

5.

Jumlah Pelaksana

2  (dua) orang

 

6.

Jaminan Pelayanan

1.   Pelayanan dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dan norma waktu yang telah ditetapkan.

2.   Pelayanan diberikan tanpa diskriminasi.

3.   Keterlambatan dalam pemrosesan Kartu Pencari Kerja (AK-I) akibat kendala internal Kecamatan akan diinformasikan langsung kepada pemohon dan produk akan dikirimkan melaui wa atau email pemohon

 

7.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Kartu Pencari Kerja (AK-I) dicetak dan dijamin keasliannya.

2.   Kartu Pencari Kerja (AK-I) ditandatangani  secara elektronik oleh pejabat yang berwenang dan telah tersertifikasi BSRE.

3.   Pelayanan bebas dari pungli/suap/gratifikasi.

 

8.

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.   Rapat koordinasi internal rutin

2.   Laporan per kegiatan kepada atasan langsung

3.   Secara berkala dilaporkan melalui e-kinerja Kabupaten Sidoarjo

4.   Evaluasi pelayanan melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

 

Bagikan :

BERITA POPULER

BERITA TERKINI

Jihad Rawat Kali

Jumat, 07 Februari 2025

SKJ Kec. Krian

Kamis, 06 Februari 2025

Musrenbang Kec. Krian 2025

Rabu, 05 Februari 2025

Loading...