Pekan KIM ke IX dibuka Wakil Gubernur, KIM Warta Masuk 5 Besar Lomba Blog

KOMINFO, Sidoarjo – Tahun ini, Pekan KIM ke-IX yang dilaksanakan pada tanggal 12-16 September 2017, Kabupaten Pasuruan ditunjuk sebagai penyelenggara/ tuan rumah.

Dengan tema “Revitalisasi Peran KIM Sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif”, beragam agenda digelar selama sepekan penuh di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan.

Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul hadir mewakili Gubernur Jatim membuka acara tersebut, didampingi oleh Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf dan kepala OPD lingkungan Pemprov Jatim dan lingkungan Pemkab Pasuruan.

Menurut Gus Ipul Pekan KIM adalah momen tepat untuk saling berkoordinasi antar KIM se-Jawa Timur, utamanya agar setiap produk yang ada di setiap daerah, bisa dipasarkan semaksimal mungkin.

“Keberadaan KIM adalah untuk mencover kebutuhan yang ada di desa yang biasanya belum banyak memahami tentang dunia teknologi informasi. Untuk itu, Pekan KIM akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya,” katanya.

Sampai sejauh ini, jumlah KIM di Jawa Timur telah mencapai diatas 1000 KIM, di mana setiap tahunnya diharapkan akan terbentuk KIM-KIM baru, sehingga publikasi akan potensi daerah benar-benar tersampaikan dengan baik.

Pembangunan KIM melalui pengembangan IT harus dibarengi dengan pemantaban akhlaq, sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada public, betul-betul tersalurkan.

Senada dengan yang disampaikan Gus Ipul, pemkab Sidoarjo melalui KIM Melati dari kecamatan Buduran dan KIM Warta dari kecamatan Taman sudah menggunakan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai media informasi dan promosi produk yang mereka hasilkan.

Kadis Kominfo Kabupaten Sidoarjo Y. Siswojo didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Evi Rupitasari menuturkan bahwa peran TIK penting sekali sebagai media komunikasi dan mempromosikan produk yang dihasilkan.

“Selama ini anggota KIM Melati sudah mengoptimalkan Teknologi Informasi Komukasi (TIK) sebagai media pemasaran produk dan publikasi kegiatan, dari publikasi yang sudah dilakukan membuat KIM Melati lebih dikenal luas, pada bulan april 2017 kemarin KIM Melati kedatangan tamu dari KIM Malaysia, mereka tahu tentang KIM Melati dari internet” terangnya.

“Pekan KIM ini merupakan ageda rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Pemprov Jatim, saya berharapa KIM Melati bisa aktif dalam mengikuti lomba-lomba untuk menjalin keakraban sekaligus menggali informasi antar sesame KIM”, tutur Siswojo.

Nanang Rois salah satu anggota KIM Melati Sidoarjo saat ditemui di stand pameran mengatakan kalau blog KIM Warta https://kimwartataman.wordpress.com/ yang jadi binaan dari KIM Melati masuk nominasi 5 besar lomba blog Inovasi TIK tingkat Jawa Timur. Besok hari kamis akan dipresentasikan untuk memperebutkan juara 1,2 dan 3.

Menurut Rois, sebelum terpilih masuk nominasi 5 besar dilakukan tahap seleksi ditingkat bakowil, Sidoarjo sendiri masuk bakorwil Malang.

“Salah satu kriteria penilaiannya  adalah keaktifan dalam mengelola web/blog kemudian informasi yang disampaikan sesuai dengan kenyataan”, terang Rois.

Sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan untuk meramaikan Pekan KIM IX, diantaranya seperti Grand Final LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif), 11 September 2017; Pameran Produk Unggulan, 12-16 September 2017; Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura), 12-15 September 2017; Sarasehan KIM, 13 September 2017; Lomba Mewarnai, 13 September 2017; Workshop TIK, 14 September 2017; Lomba Blog, 14 September 2017; Lomba Foto On The Spot dan Foto Off The Spot, 12-15 September 2017; Field Trip Destinasi Wisata Kabupaten Pasuruan, 14 September 2017. (Irwan/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *